Aplikasi Pinjaman Online Ilegal Tidak Terdaftar OJK

Pinjaman online saat ini sudah tidak asing ditelinga kita, banyak sekali lembaga ataupun aplikasi yang menyediakan jasa layanan pinjaman uang secara online. Hanya bermodalkan hp android dan ktp saja kita sudah dapat pinjaman uang hingga 10juta. Tentu kita sangat dimudahkan oleh teknologi saat ini, berbeda dengan dulu yang harus datang ke bank untuk mengajukan pinjaman dana.

Pinjaman ilegal yang bisa galbay

Akan tetapi meskipun saat ini lebih dimudahkan, kita tetap harus berhati-hati dalam menggunakan hp apalagi saat mengajukan pinjaman online. Tidak sedikit dari lembaga pinjaman online ini yang memiliki bunga yang tidak rendah alias bunga tinggi.Jika kita terperangkap kedalam pinjaman yang bunga tidak rendah ini maka kita akan semakin terlilit hutang.

Nah untuk itu, pada artikel ini kita akan membahas pinjama online apa saja yang terdaftar ojk dan tidak terdaftar ojk alias ilegal. Sebab jika kita ingin menggunakan pinjol ini maka kita harus mengetahui terlebih dahulu pinjaman apa saja yang resmi dan tidak resmi. Meskipun ada beberapa yang beranggapan jika pinjam online ilegal maka tidak usah dibayar.

Aplikasi Pinjaman Online Legal Dan Ilegal

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa fintech ojk merupakan penyedia layanan pinjaman yang legal atau resmi. Sedangkan fintech yang tidak terdaftar di OJK maka bisa kita sebut dengan pinjol ilegal. Kedua hal ini memiliki layanan yang sama akan tetapi aturan yang berbeda. Fintech legal tentu saja terdaftar ojk dan aturan yang ditetapkan nya pun sesuai dengan ketentuan OJK. Sedangkan fintech ilegal tidak masuk ke dalam OJK sehingga mereka memiliki aturan tersendiri.

Apabila kita ingin mengetahui fintech apa saja yang terdaftar ojk maka kita bisa mengunjungi Daftar Aplikasi Pinjaman Online Terdaftar OJK. Semua aplikasi pinjaman online yang terdapat pada daftar tersebut merupakan pinjol resmi OJK. Dan sebaliknya jika aplikasi belum terdapat pada daftar tersebut bisa jadi aplikasi ilegal atau ijin belum di keluarkan oleh OJK. 

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online Ilegal

Tidak sedikit dari kita yang memilih untuk meminjam uang menggunakan aplikasi pinjaman online tidak resmi alias ilegal. Berdasarkan data yang kita dapatkan, orang cenderung memilih pinjaman online tidak terdaftar OJK sebagai berikut ini alasannya :

  1. Persyaratan hanya ktp saja sehingga lebih mudah.
  2. Proses biasanya lebih cepat.
  3. Tanpa BI checking.
  4. Beritikad tidak membayar alias galbay pinjol.
  5. Penawaran yang manis diawal saja.
  6. Minimnya info atau cenderung kekurangan informasi karena malas membaca.

Sebagai saran jika ingin meminjam uang janganlah ke pinjol ilegal, namun pinjamlah ke pinjaman online yang sudah terdaftar OJK. Selain data kita aman, kita juga akan lebih ringan dalam membayar pinjaman online. Berbeda dengan pinjaman online tidak resmi, data yang kita berikan tidak jelas keamanannya dan kita tidak ada yang menjamin saat memilih pinjaman ilegal.

Oleh sebab itu kita juga harus mengetahui resiko pinjam uang di pinjol tidak resmi OJK :

  1. Data kita tidak aman, karena kredibilitasnya tidak jelas.
  2. Bunga cenderung lebih tinggi.
  3. Dana yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian.
  4. Biaya admin yang diatas rata-rata.
  5. Menerima pinjaman tidak sesuai nominal pinjaman biasanya terpotong admin diawal.

Akan tetapi jika kita meminjam uang pada pinjol ilegal maka kita bisa melakukan galbay atau tidak bayar. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa orang yang mungkin karena terdesak hutang dan tidak mampu untuk melunasinya sehingga menjadikan mereka galbay.  Ini merupakan contoh yang kurang baik karena tidak kooperatif dalam tanggung jawab.

Nah apakah kalian disini ada yang pernah melakukan galbay? Jika kalian pernah melakukan atau mengalami galbay pinjaman online bisa share disini yuk aplikasi pinjol yang bisa di galbay. Siapa tau pengalaman kalian dapat membantu teman-teman kita yang sedang mencari pinjaman uang. 

Sekian artikel mengenai aplikasi pinjaman online ilegal dan aplikasi pinjaman online terdaftar OJK. Jika ada yang ditanyakan atau disampaikan silahkan tuliskan pengalaman kalian pada kolom komen ya. Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa share ke sosial media kalian ya agar teman-teman yang lain mendapatkan informasi dari artikel ini.

Posting Komentar untuk "Aplikasi Pinjaman Online Ilegal Tidak Terdaftar OJK"